RSS

3 Alasan Jangan hanya Mencari Uang

3 Alasan Jangan hanya Mencari Uang
Admin Admin
April 14, 2018
3 Alasan Jangan hanya Mencari Uang
Assalamualaikum,,
Uang menjadi fokus utama saat ini bagi para masyarakat jaman modern karna mereka membutuhkan uang untuk membayar tagihan, dan untuk membeli barang-barang mewah agar menjadi anak trendy, bila anda masuk dalam kategori diatas maka berusahalah untuk mengubah pola pikir anda. Hal diatas bisa disebabkan karena pengaruh lingkungan dan teman-teman anda. Walaupun banyak hal lain yang merubah anda sehingga terjerumus ke ruang lingkup untuk selalu butuh terhadap uang ini namun lebih dominan adalah pengaruh lingkungan, karena apa yang selalu anda lihat maka secara tidak langsung anda mengikuti juga yang anda lihat walaupun secara bertahap dan ini sangat berbahaya.

Uang menjadi penghubung namun tak jarang karna uang juga menjadi pemisah suatu hubungan manusia, misal perceraian karena kurang nya uang bulanan maupun karena hutang sahabat anda yang tidak dibayar-bayar. Hati-hati, uang itu tajam walaupun hanya berupa kertas namun sifat nya sangat bisa merubah apapun tentang duniawi, kalau anda hanya mencari uang dan tidak memikirkan hal lain maka anda lebih bahaya dari pada pecandu rokok, walaupun sama-sama buruk namun hidup dengan tujuan mencari uang lebih-lah buruk.

1. Uang bikin Malas

Uang bikin Malas
Hanya Ingin Uang
Anda akan malas bila melakukan sesuatu dengan sukarela karena tidak ada yang membayar, kebiasaan mencari uang membuat anda mengerjakan-nya bila ditukar dengan uang. Bekerja dengan motivasi mendapatkan uang adalah hal berbahaya di beberapa kemungkinan walaupun tidak salah namun ini cukup riskan sekali bagi hidup anda bila diterapkan sepanjang waktu sisa hidup anda. Bila anda merenungkan sejenak, berapa harta yang anda bawa saat anda dibungkus oleh kain kafan dan masuk ke lubang tanah yang akan ditinggalkan anda sendirian disana oleh semua orang. Anda berteriak sekeras apapun mereka tidak kembali dan memberi anda harta, disaat anda didalam lubang itu betapa menyesalnya anda karena menghabiskan waktu di dunia hanya untuk mencari uang.

Lihatlah kebawah, mereka bisa naik haji walaupun hidup pas-pas an. Siapa mereka ? mereka hanya pemulung, petani dan lain-lain. Sementara anda yang bergelimang harta kok gak naik haji ? udah ada rencana tapi kok gak pergi-pergi ya ? itu karena Allah hanya mengundang orang yang dipanggil, jadi kalo anda mampu tapi kok gak pergi-pergi, coba renungkan apa yang salah dengan harta anda.

2. Uang Bikin Lalai Ibadah

Uang Bikin Lalai Ibadah
Ibadah banyak tertinggal karena hanya fokus dengan uang
Percaya atau tidak tapi bila anda menyadari-nya lebih jauh maka inilah yang terjadi, jadwal ibadah anda akan menjadi kacau tak beratur karna dikejar oleh waktu ini dan waktu ini lagi. Anda terpaku dengan hal yang bersifat mencari uang, kenapa anda tidak beribadah ? karna anda menganggap Allah swt. itu tidak penting. Padahal hidup kita 24 jam itu ditangan Allah swt. namun anda menyepelekan hal itu seolah anda hidup untuk uang dan anda akan hidup lebih lama lagi. Apakah anda tau bahwasannya kematian sejak umur masih mudah itu sekarang meningkat ?. Hati-hati, umur anda tidak menunggu anda harus bertobat dulu baru wafat namun kalo sudah waktu-nya ya anda langsung wafat tanpa harus memberitahu, tidak ada yang tahu umur anda sampai kapan, jadi tetap lah untuk men-duakan mencari uang dan mengutamakan ibadah kepada Allah swt.

3. Mengutamakan Uang Hanya Bikin Stress

Mengutamakan Uang Hanya Bikin Stress
Mengutamakan uang hanya membuat anda menjadi stress
Waktu adalah uang, bila anda memiliki umur selama 60 tahun maka hampir 35 tahun-an anda hanya mempunyai misi mendapatkan uang. uang memang terkadang sulit untuk di sederhana-kan karena mengandung banyak akibat bila kita jelaskan satu per-satu kegunaan uang. Contoh sederhana, dengan uang kita bisa membayar tagihan namun kita lupa bahwa bila tagihan cukup banyak maka kita memerlukan uang lebih banyak juga dan secara tidak langsung kita di program untuk mencari uang lebih dan bila anda gagal mendapatkan uang lebih maka anda akan mengalami depresi berat karna bingung mencari uang kemana. Dan mungkin bagi sebagian orang akan memilih ber-hutang dulu, dan pasti anda tau kan bahaya ber-hutang ?.

Waktu adalah uang ?

Allah ta’ala berfirman,
وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr).
Di dalam Islam, keuntungan bukan saja keuntungan di dunia, namun yang dicari adalah keuntungan di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu, pemanfaatan waktu bukan saja harus efektif dan efisien. Namun juga harus didasari dengan keimanan. Keimanan inilah yang akan mendatangkan keuntungan di akhirat. Sebaliknya, keimanan yang tidak mampu mendatangkan keuntungan di dunia, berarti keimanan tersebut tidak diamalkan. Islam mengajarkan carilah keuntungan akhirat tetapi jangan lupakan keuntungan dunia.

Hanya sampai disini aja, semoga kita semua terhindar dari yang nama-nya cinta dunia dan hanya mencari kesenangan di dunia, Aamiin.



Referensi :
1.amhardinsight.wordpress.com
2.muslim.or.id
Bagikan!  

0 komentar:

Anda dapat memberikan komentar terkait artikel diatas.