RSS

1 Alasan Mengapa Anda Perlu Baca Al-Qur'an

1 Alasan Mengapa Anda Perlu Baca Al-Qur'an
Admin Admin
April 11, 2018
Assalamualaikum...
Qur'an merupakan kitab suci bagi umat muslim, Qur'an merupakan firman Allah swt kepada Nabi Muhammad saw melalui Malaikat Jibril. Qur'an diturunkan berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun, berawal sejak tanggal 17 ramadan, saat Nabi Muhammad saw memasuki umur 40 tahun hingga ia wafat ditahun 632. Al-Qur'an adalah mukjizat terbesar pada Nabi Muhammad saw, dan juga merupakan tanda dari kenabian, Al-Quran merupakan hasil akhir atau puncak dari seluruh kitab suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah kepada manusia sejak Nabi Adam as. dan diakhiri oleh Nabi Muhammad. Kata Qur'an disebutkan sebanyak 70 kali di dalam Al-Qur'an.

Al-Qur'an adalah salah satu petunjuk hidup bagi manusia, sebagaimana dengan barang mereka memiliki buku panduan dan itu juga terjadi pada manusia. Manusia diberi buku panduan yang menjelaskan hal yang salah dan yang benar, dan itu merupakan misi manusia untuk selalu memilih yang benar saat ia dihidupkan dibumi ini. Al-Qur'an masih lah utuh belum ada kekurangan apapun padanya, walaupun beberapa kali sempat di tambahkan huruf-huruf yang Qur'an yang murni tetap mengalahkan Qur'an yang palsu. Qur'an yang palsu selalu saja cepat terbongkar hal ini disebabkan pertolongan Allah swt. turun ke dunia untuk menghapus orang-orang yang dzalim itu.

Al-Qur'an sampai detik ini tidak ada kesalahan sedikit pun, berbeda dengan kitab lain yang cenderung mempunyai kesalahan karena sudah dicampur tangan kan tulisan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sampai mempunyai versi yang berbeda-beda setiap pemuka agama seperti contohnya bible. Bible memiliki banyak sekali versi yang dikarang oleh pemuka agama kristen maka dari itu mereka kadang-kadang saat ditanyai isi tulisan yang mereka buat cenderung diam dan memutar-mutar kan pembicaranya sampai dibawah ke hal lain.

Al-Qur'an di tulis dengan bahasa arab, dan memiliki bahasa yang tergolong tinggi maka dari itu untuk memahami makna yang ada pada Al-Qur'an harus menggunakan tafsir. Al-Qur'an hanya dibaca dalam bahasa arab, beberapa pakar dari Barat pun meng apresiasi Al-Qur'an sebagai sebuah karya sastra bahasa arab terbaik didunia.

Lalu apa alasan ada perlu baca Al-Qur'an ?...

1. Al-Quran Menjelaskan Tujuan kita Hidup

Anda hidup di Dunia pasti memiliki tujuan bukan ? tergantung, anda memilih misi untuk dunia atau untuk akhirat, kalo misi anda untuk mencari akhirat otomatis anda mendapatkan dunia, tetapi bila anda mencari dunia maka anda hanya mendapatkan dunia dan itu pasti. Sebenarnya hidup ini indah banget bila anda menjalani ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah swt. Kita dapat memulainya dengan menjauhi apa yang Allah swt. tidak sukai, seperti berzina, berjudi, mencuri dan hal yang dilarang lainnya.

Hitung-hitungan umat muslim dengan umat non muslim itu beda, jadi kalo ada teman anda yang mengawali usaha nya dengan riba dan anda tidak riba, namun mengapa usaha si non muslim ini maju sedangkan usaha kita biasa-biasa aja bahkan nyaris bangkrut sejak taat kepada Allah swt. ?, karna cara hitung-hitungan anda salah, seharusnya umat muslim itu menghitung kita dapat apa di akhirat dan si non muslim dapat apa di dunia, itu baru hitung-hitungan yang ada pada umat muslim. Jadi kita harus membandingkan kita di akhirat dengan dia (non muslim) di dunia.

Banyak non muslim yang sekarang menjadi muslim hanya karena mendengarkan umat muslim membaca ayat-ayat suci dari Al-Qur'an tersebut. Saya pernah mendengar kisah dari seseorang teman, dia menceritakan bahwa angka bunuh diri dirusia termasuk tinggi. lalu saya bertanya, apa penyebabnya ? setelah ia menjelaskan ternyata hanya karena mereka tidak bisa tidur selama 3 hari bahkan karena kehidupan yang buruk mereka memutuskan hidup mereka dengan cara bunuh diri. Namun ada satu hal yang sangat berkesan dihati saya, kisah nya saat ada seseorang yang ingin bunuh diri dari sebuah jembatan ia langsung dihampiri oleh seorang umat muslim, lalu umat muslim tersebut membujuknya agar pergi bersama nya dan mengurungkan niat bunuh diri dari orang tersebut, lalu orang tersebut meng ia kan niat si umat muslim ini untuk mengajaknya dengan beberapa bujukan, lalu si umat muslim ini membawa seseorang umat non muslim yang ingin bunuh diri ke sebuah masjid. Lalu si umat muslim ini berkata agar ia duduk sebentar di luar masjid, dan si umat muslim masuk untuk mulai mengaji bersama yang biasa mereka adakan dimasjid, disaat umat muslim membaca Al-Qur'an bersama ternyata si umat non muslim ini merasa tenang dan ia tertidur di teras masjid. Lalu selesai membaca Al-Qur'an bersama si umat muslim ini ingin beranjak pulang dan saat pergi keluar masjid ia melihat si non muslim ini tertidur lelap karena beberapa hal si non muslim bangun dan tersenyum. Lalu si non muslim bertanya : "Apa yang kalian baca tadi ?", lalu si muslim menjawab : "kami membaca Al-Quran yaitu kitab suci umat muslim", lalu si non muslim mengatakan :"Kamu tahu ?, saya ingin bunuh diri tadi karena saya tidak bisa tidur selama 3 hari !, dan begitu saya mendengarkan kalian membacakan itu, saya merasa nyaman dan saya bisa tertidur".

Yang bisa diambil dari kisah diatas adalah Al-Qur'an menjadi bukti bahwa semua orang dapat beradaptasi dengan nya, bukankah ini suatu kenikmatan yang diberikan Allah kepada manusia, buktinya semua orang yang dibacakan Al-Qur'an mereka menjadi tenang dan merasa sangat nyaman.

Baik, hanya sampai disini saja bila ada kesalahan saya memohon maaf sebesar-besarnya, terima kasih.
Bagikan!  

0 komentar:

Anda dapat memberikan komentar terkait artikel diatas.